Kamis, 18 Oktober 2012

Tingkatan Manajemen


Pada praktiknya berbagai keahlian tersebut diperlukan dalam kegiatan bisnis berdasarkan peran dan tugas masing-masing orang dalam sebuah organisasi bisnis. Tugas dan peran dari setiap orang tersebut secara organisasional dibagi menjadi beberapa tingkatan yang dinamakan sebagai tingkatan –tingkatan manajemen atau hierarki manajemen.
Beberapa tingkatan manajemen sebagaimana dikemukakan oleh Nickels, McHugh, and McHugh (1997).Tingkatan-tingkattan manajemen tersebut,meliputi:
  • Manajemen Tingkat Puncak (Top Management), terdiri dari direktur utama, presiden direktur, atau wakil direktur.Keahlian yang diperlukan adalah keahlian dalam hal konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen global, dan manajemen waktu.
  • Manajemen Tingkat Menengah atau (Middle Management), terdiri dari para manajer, kepala divisi atau departemen, atau kepala cabang. Keahlian yang diperlukan diantaranya adalah keahlian konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan juga teknikal.
  • Manajemen Supervisi atau Tingkat Pertama (Supervisory or first-Line Management ), terdiri dari para supervisi, ketua kelompok, dan lain sebagainya. Keahlian yang terutama perlu dimiliki adalah keahlian komunikasi, pengambilan keputusan, waktu, dan juga teknikal.
  • Manajemen Non Supervisi(Non-Supervisory management), terdiri dari para tenaga kerja tingkat bawah pad umumnya seperti buruh, pekerja bangunan, dan lain-lain. Keahlian yang perlu dimiliki dalam level ini adalah keahlian teknikal, komunikasi, dan manajemen waktu.

tingkatan-tingkatan manajemen melalui gambar segitiga di mana manajemen tingkat puncak berada di bagian paling atas dan manajemen nonsupervisi berada di bagian yang paling bawah dari segitiga tersebut. Hal ini menunjukan bahwa manajemen tingkat puncak secara jumlah adalah paling sedikit dari sebuah organisasi akan tetapi merupakan penaggung jawab tertinggi disebuah organisasi. Sedangkan manajemen nonsupervisi merupakan jumlah yang paling banyak dalam sebuah organisasi dan lebih cenderung sebagai pelaksana teknis dari sebuah organisasi.

Referensi :
http://yunaynay.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar